Selasa, 08 November 2011

Penerapan Class, Method dan Property di dalam C#, C++ dan JAVA

Hai kawan-kawan.......
akhirnya blog tugas OOP neh selesai jg,yah walaupun belum lengkap gak apa-apa dah ya?
Kalua keterangan kurang bisa baca di blog teman-teman yang lainnya,hehehehe..........

Dalam OOP kita mengenal Class, Method dan Property . . .
1.      Class merupakan suatu blueprint atau cetakan untuk menciptakan suatu instant dari object. class juga merupakan grup suatu object dengan kemiripan attributes/properties , behaviour dan relasi ke object lain.Contoh : Class Person, Vehicle, Tree, Fruit dan lain-lain.
2.      Method merupakan suatu operasi berupa fungsi-fungsi yang dapat dikerjakan oleh
suatu object. Method didefinisikan pada class akan tetapi dipanggil melalui object.
Metode memiliki 4 (empat) bagian dasar :
1. Nama metode
2. Tipe Objek atau tipe primitive yang dikembalikan metode.
3. Daftar parameter.
4. Badan atau isi metode.


Tiga bagian pertama mengindikasikan informasi penting tentang metode itu sendiri.
Dengan kata lain, nama metode tersebut=metode lain dalam program. Dalam java kita
dapat memiliki metode-metode berbeda yang memiliki nama sama tetapi berbeda tipe
kembalian atau daftar argumennya, sehingga bagian-bagian definisi metode ini menjadi
penting. Ini disebut overloading metode.

Capek dah curhat hehehe.......
neh langsung aja saya terapkan didalam C#,C++ dan JAVA
Ukke ukke ukke...................



** C#**


using System;

namespace b
{
        class Program
       {
 //property  
   public byte panjang;  
   public byte lebar;
    
  public static void Main(string[] args)
 {
        Persegi persegi = new Persegi(); //deklarasi class 
                   persegi.Hitung(); //memanggil method menghitung persegi dari class persegi      
        Console.WriteLine();  
        Console.Write("Press any key to continue . . . ");  
        Console.ReadKey(true);  
  }
        }
        class Persegi  
        {  
  byte Luas;  
  public void Hitung()  
  {   
  Program program = new Program(); //deklarasi class program    
  Console.Write("Masukkan nilai panjang = "); //memanggil property class    program
  program.panjang = Convert.ToByte(Console.ReadLine());  
  Console.Write("Masukkan nilai lebar = ");  
  program.lebar = Convert.ToByte(Console.ReadLine());  
  Luas = Convert.ToByte(program.panjang*program.lebar);//menghitung menggunakan property lokal 
  Console.WriteLine("Luas persegi berarti= {0}",Luas); //menampilkan hasil  
   } 
         }

} 



Dan hasilnya adalah










*C++*
#include <cstdlib>
#include <iostream>

using namespace std;

class Persegi  
{  
   private : int panjang,lebar,luas; //property  
   public : void Hitung()  
  {  
      cout<<"masukkan nilai panjang = ";  
      cin>>panjang;   //input menggunakan property Class Persegi  
      cout<<"masukkan nilai lebar = ";  
      cin>>lebar;     //input menggunakan property Class Persegi           
      luas = panjang*lebar;  
      cout<<"Luas persegi berarti = "<<luas;  
   }  
};  


int main(int argc, char *argv[])
{ 
     Persegi persegi;    //deklarasi Class Persegi  
     persegi.Hitung();   //panggil Method Hitung dari Class Persegi  
       
     cout<<endl;  
     cout<<endl;  

    system("PAUSE");
    return EXIT_SUCCESS;
}
  




dan hasilnya adalah










**JAVA**

package belajar;

import java.util.Scanner;


public class Main
{
    private static int Input()
    {
        Scanner baca = new  Scanner(System.in);
        int inputt = baca.nextInt();
        return inputt;
    }
    private static void Process (int panjang, int lebar)
    {
        int luas = panjang*lebar;
        System.out.println ("luas persegi berarti = "+luas);
    }
    public static void main(String[] args)
    {
        System.out.print("Maasukkan nilai panjang = ");
        int panjang = Input();
        System.out.print("masukkan nilai lebar = ");
        int lebar = Input();
        Process(panjang,lebar);
    }

}
  

dan hasilnya adalah


2 komentar: