Hai kawan-kawan.......
akhirnya blog tugas OOP neh selesai jg,yah walaupun belum lengkap gak apa-apa dah ya?
akhirnya blog tugas OOP neh selesai jg,yah walaupun belum lengkap gak apa-apa dah ya?
Kalua keterangan kurang bisa baca di blog teman-teman yang lainnya,hehehehe..........
Dalam OOP kita mengenal Class, Method dan Property . . .
1. Class merupakan suatu blueprint atau cetakan untuk menciptakan suatu instant dari object. class juga merupakan grup suatu object dengan kemiripan attributes/properties , behaviour dan relasi ke object lain.Contoh : Class Person, Vehicle, Tree, Fruit dan lain-lain.
2. Method merupakan suatu operasi berupa fungsi-fungsi yang dapat dikerjakan oleh
suatu object. Method didefinisikan pada class akan tetapi dipanggil melalui object.
Metode memiliki 4 (empat) bagian dasar :
1. Nama metode
2. Tipe Objek atau tipe primitive yang dikembalikan metode.
3. Daftar parameter.
Tiga bagian pertama mengindikasikan informasi penting tentang metode itu sendiri.
Dengan kata lain, nama metode tersebut=metode lain dalam program. Dalam java kita
dapat memiliki metode-metode berbeda yang memiliki nama sama tetapi berbeda tipe
kembalian atau daftar argumennya, sehingga bagian-bagian definisi metode ini menjadi
penting. Ini disebut overloading metode.
Capek dah curhat hehehe.......
neh langsung aja saya terapkan didalam C#,C++ dan JAVA
neh langsung aja saya terapkan didalam C#,C++ dan JAVA
Ukke ukke ukke...................
** C#**
using System; namespace b { class Program { //property public byte panjang; public byte lebar; public static void Main(string[] args) { Persegi persegi = new Persegi(); //deklarasi class persegi.Hitung(); //memanggil method menghitung persegi dari class persegi Console.WriteLine(); Console.Write("Press any key to continue . . . "); Console.ReadKey(true); } } class Persegi { byte Luas; public void Hitung() { Program program = new Program(); //deklarasi class program Console.Write("Masukkan nilai panjang = "); //memanggil property class program program.panjang = Convert.ToByte(Console.ReadLine()); Console.Write("Masukkan nilai lebar = "); program.lebar = Convert.ToByte(Console.ReadLine()); Luas = Convert.ToByte(program.panjang*program.lebar);//menghitung menggunakan property lokal Console.WriteLine("Luas persegi berarti= {0}",Luas); //menampilkan hasil } } }
Dan hasilnya adalah
*C++*
#include <cstdlib> #include <iostream> using namespace std; class Persegi { private : int panjang,lebar,luas; //property public : void Hitung() { cout<<"masukkan nilai panjang = "; cin>>panjang; //input menggunakan property Class Persegi cout<<"masukkan nilai lebar = "; cin>>lebar; //input menggunakan property Class Persegi luas = panjang*lebar; cout<<"Luas persegi berarti = "<<luas; } }; int main(int argc, char *argv[]) { Persegi persegi; //deklarasi Class Persegi persegi.Hitung(); //panggil Method Hitung dari Class Persegi cout<<endl; cout<<endl; system("PAUSE"); return EXIT_SUCCESS; }
dan hasilnya adalah
**JAVA**
package belajar; import java.util.Scanner; public class Main { private static int Input() { Scanner baca = new Scanner(System.in); int inputt = baca.nextInt(); return inputt; } private static void Process (int panjang, int lebar) { int luas = panjang*lebar; System.out.println ("luas persegi berarti = "+luas); } public static void main(String[] args) { System.out.print("Maasukkan nilai panjang = "); int panjang = Input(); System.out.print("masukkan nilai lebar = "); int lebar = Input(); Process(panjang,lebar); } }
dan hasilnya adalah
thnkz kk programnya
BalasHapuskg mau jln programnya
BalasHapus